Kamis, 01 November 2012

Contoh Resensi Film - Hearty Paws

Malam semua, kali ini saya akan posting contoh resensi film, karena waktu ini saya juga diberikan tugas ini oleh guru di sekolah, daripada tidak berguna, lebih baik saya share di sini =)
Yang perlu diingat dalam membuat sebuah resensi adalah membuat detail film, sinopsis singkat secara keseluruhan, kekurangan dan kelebihan film tersebut dan bila perlu masukkan pembanding dengan film lain juga. Oke untuk lebih jelasnya lihat resensi film di bawah ini. 
 Hadiah dari Langit


  • Judul Film : Hearty Paws / Maeumee / 마음이
  • Pemeran : 
  • Yoo Seung-ho sebagai Chan 
  • Kim Hyang-gi sebagai So-I 
  • Dal-I  sebagai Hearty si anjing
Chan adalah seorang anak laki-laki yang berumur 11 tahun, ia hanya tinggal dengan adik perempuannya yang bernama So-I karena ibunya telah pergi meninggalkan mereka. Meskipun Chan masih berumur 11 tahun, Chan memiliki jiwa yang sangat tegar dan ia sangat takut kehilangan adiknya. Di ulang tahun So-I yang ke-6, Chan berniat untuk memberi So-I seekor anak anjing yang sangat diinginkan olehnya. Pagi hari pada musim dingin saat langit masih gelap, Chan menyelinap  ke sebuah rumah dan mencuri seekor anak anjing yang baru lahir untuk So-I. So-I sangat senang mendapat hadiah seekor anak anjing, kemudian Ia memberikannya sebuah nama Maeum yang berarti “Hearty” dalam bahasa Inggris. So-I sangat menyayangi Hearty, mereka selalu bermain bersama-sama ketika Chan pergi ke sekolah. Seiring berjalannya waktu, Hearty tumbuh menjadi anjing yang pintar dan sangat setia. Mereka berpikir kebahagiaan ini akan selamanya berlangsung, namun takdir berkata lain. Suatu hari, Chan, So-I dan Hearty bermain di sebuah lapangan es, dan saat itulah terjadi sebuah kecelakaan yang mengakibatkan So-I meninggal dunia.


Sejak kecelakaan itu, Chan berubah menjadi anak yang murung dan ia mulai membenci Hearty karena ia mengganggap Hearty merupakan penyebab kematian adiknya.  Suatu hari, Chan memutuskan untuk pergi menemui ibunya dan ingin meninggalkan Hearty. Namun, Hearty selalu mengikutinya hingga sampai di kota dimana ibunya tinggal. Saat Chan berada di sebuah bis, ia melihat dua orang anak jalanan lalu Chan pun akhirnya bergabung dengan mereka yang ternyata diketuai oleh seorang paman bermuka sangar dan paman tersebut selalu mengejar Chan sampai di akhir cerita. Suatu ketika, Chan melihat Hearty tengah mengusap-usap matanya, lalu ia membawa Hearty ke dokter hewan. Dokter mengatakan bahwa Hearty mengidap penyakit glukoma yang sudah akut.
Dua orang polisi menemukan Chan tengah sekarat di sebuah lorong stasiun, lalu ia dan Hearty dibawa ke kantor polisi. Hearty kembali dibawa ke dokter, dokter tersebut mengatakan bahwa Hearty tidak akan bisa bertahan lebih lama lagi. Akhirnya, polisi mengantar Chan dan Hearty kembali ke rumahnya. Suatu pagi, Chan mengajak Hearty duduk di tempat pemberhentian bis yaitu tempat kenangan Hearty bersama So-I. Di sana, Chan bercerita tentang masa-masa yang telah mereka lalui bersama, dan beberapa saat kemudian, Hearty menghembuskan nafas terakhirnya di tempat tersebut.
Hearty Paws mengajarkan kita tentang arti kesetiaan yang sebenarnya. Selain itu juga mengajarkan tentang kerukunan dengan keluarga terutama saudara. Peran Chan juga memiliki arti penting dalam film ini, sangat jarang kita menemukan anak berumur 11 tahun yang memiliki jiwa tegar dan juga bisa menjaga serta membahagiakan adiknya seorang diri. Walaupun alur ceritanya mudah untuk ditebak dan akting dari Yoo Seung-ho dan Kim Hyang-gi yang masih anak-anak rada amatiran, saya tidak pernah menyesal menonton film ini, karena saya menyadari film ini sarat akan makna. Bila dicermati lebih lanjut, akting Dal-I (anjing) sangat mengesankan sebagai seekor anjing, sebab saya tahu, untuk melatih seekor anjing itu sangatlah susah.
Jika Hearty Paws dibandingkan dengan film Hachiko, film ini tidak kalah menarik dan juga banyak memiliki pesan moral yang patut kita teladani. Jika Hachiko menekankan pada kesetiaan anjing yang menunggu majikannya selama bertahun-tahun, Hearty Paws lebih menekankan pada kesetiaan anjing yang bisa dibilang teraniaya, mulai dari ditelantarkan oleh majikan, hingga kekerasan yang dilakukan oleh orang lain. Dalam film Hearty Paws, bisa dibilang Chan dan So-I merupakan korban dari seorang ibu yang tidak bertanggung jawab yaitu tidak mencerminkan kesetiaan pada keluarga, dan entah mengapa, saat menonton film ini, memang terasa ada yang kurang. Namun, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta memberi pesan moral agar kita mengerti arti kesetiaan sejati dan agar kita juga tidak lupa dengan orang-orang yang mengasihi kita.
Film ini cocok ditonton oleh semua umur, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa,  namun dalam beberapa adegan kekerasan yang ditujukan kepada anjing, hendaknya orang tua membimbing anaknya agar tidak melakukan hal tersebut di rumah. Saya yakin jika Anda menonton film ini, Anda akan meneteskan air mata atau setidaknya ikut merasakan kesedihan meskipun itu berada jauh di lubuk hati Anda. Meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam film ini, namun secara keseluruhan film ini sangat layak dan saya rekomendasikan untuk ditonton. 
Best regards,

6 komentar: